agar suasana rumah sesuai kehendak Allah


“Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya malaikat-malaikat yang kasar,keras, yang tidak mendurhakai Allah atas perintahNya kepada mereka dan selalu taat atas apa yang diperintahkan.”(QS. At-Tahrim:6)
pertama, menggunakan waktu shalat sebagai standar kegiatan
Kegiatan apapun sebaiknya disesuaikan dengan waktu shalat wajib. Artinya, saat adzan berkumandang segala kegiatan dihentikan. Demikian pula untuk rencana bepergian jauh, mencari jeda waktu untuk shalat sekaligus untuk istirahat dan melanjutkan perjalanan.
Waktu-waktu istirahat disesuaikan pula dengan waktu shalat. Tidur siang disesuaikan waktunya agar sudah bisa bangun segar ketika adzan Ashar. Berangkat tidur malam hari lebih awal agar dapat bangun shalat lail dan tidak mengantuk saat shalat Subuh.
Kedua, kegiatan ruhani berjamaah
Bukan hanya shalat wajib saja yang dapat dilakukan berjamaah. Kegiatan lain seperti membaca al-Quran, mendengarkan pengajian bahkan menyaksikan acara ruhani di TV pun dapat dilakukan bersama-sama. Kegiatan ini selain mampu mempererat ikatan satu sama lain juga menjadikan iman sebagai dasar ikatan keluarga. Suasana penuh keakraban ini insya Allah akan selalu dinanti penghuninya sebagai pelepas dahaga seteah seharian beraktifitas di luar rumah.
Ketiga, hiburan sehat
Banyak sekali jenis dan macam hiburan yang tersaji di depan mata. Tanpa seleksi ketat, hiburan-hiburan seperti kaset, VCD, TV dapat merusak kejiwaan penghuni rumah, terutama anak-anak. Dibuanglah  jauh-jauh media  yang yang berisi lagu-lagu yang tidak mendidik, penuh rayuan dan hawa nafsu. Juga yang begitu keras, kasar dan garang. Pilihlah hiburan yang mendukung keimanan anggota keluarga. Nasyid-nasyid kini mudah dijumpai dan dimiliki, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Alunan ayat-suci al-Quran sebenarnya selain ibadah juga hiburan yang paling pas untuk dinikmati, bisa melalui kaset atau melantunkannya. Rumah yang senantiasa diramaikan oleh bacaan kitab suci al-Quran niscaya akan sering didatangi malaikat pembawa rahmah. Suasana rumah pun menjadi tenang dan tenteram.
Keempat, media massa islam
Sudah bukan rahasia lagi TV punya pengaruh kuat dalam membentuk pola piker dan tindak tanduk penontonnya. Dengan beragam acara tersaji yang sebagiab besar bahkan membuat lupa mengingat Allah, mutlak sebagai orang tua untuk memilihkan acara yang cocok untuk anak-anak. Beri pengertian acara apa saja yang baik dan bermanfaat. Tentukan pula waktu yang tepat untuk menjadikan TV sebagai sarana hiburan yang sehat dan mendidik yang baik.
Pemilihan bacaan keluarga pun perlu diseleksi. Majalah ataupun surat kabar yang dipilih jangan sampai memuat gambar-gambar maksiat dan masuk ke rumah. Buku-buku cerita untuk anak juga perlu dipilihkan yang islami. Dan alhamdulillah sekarang pun mulai tersedia buku-buku tulis dan buku pelajaran yang bernuansa islami.

0 comments:

Post a Comment

Assalamu'alaikum






Free Blog Content







ShoutMix chat widget