Agar doa terkabulkan
 

Pada suatu hari, Khalifah Ali bin Abi Thalib berkhutbah di hadapan kaum muslimin. Ketika beliau hendak mengakhiri khutbahnya, tiba-tiba berdirilah seseorang di tengah-tengah jamaah sambil berkata,”Ya Amirul Mukminin, mengapa doa kami tidak diijabah? Padahal Allah berfirman dalam al-Qur’an,”Ud’uni astajiblakum”(berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu).
Khalifah Ali bin Abi Thalib menjawab,”Sesungguhnya hatimu telah berkhianat kepada Allah dengan delapan hal, yaitu”
            Engkau beriman kepada Allah, mengetahui adanya Allah, tetapi tidak melaksanakan kewajibanmu kepadaNya, maka tidak ada manfaatnya keimananmu itu.
Engkau mengatakan beriman kepada rasulNya, tetapi engkau menentang sunnahnya dan mematikan syariatnya. Maka apalagi buah dari keimananmu itu?
Engkau membaca al-Quran yang diturunkan melalui rasulNya, tetapi tidak kau amalkan.
Engkau berkata,”Sami’na wa atha’na”(kami mendengar dan kami patuh), tetapi kau tentang ayat-ayatnya.
Engkau menginginkan surga, tetapi setiap waktu melakukan hal-hal yang dapat menjauhkanmu dari surga. Maka mana buktinya keinginanmu itu?
Setiap saat engkau merasakan kenikmatan yang Allah berikan padamu, tetapi tetap engkau tidak bersyukur kepadaNya.
Allah memerintahkanmu agar memusuhi syetan seraya berfirman,”Sesungguhnya syetan itu adalah musuh bagimu, maka perlakukan ia sebagai musuh, karena sesungguhnya syetan-syetan itu hanya mengajak manusia supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala”(QS. 35:6) tetapi tidak kau musuhi syetan dan bersahabat dengannya.
Engkau jadikan cacat atau kejelekan orang lain di depan mata, tetapi kau sendiri orang yang sebenarnya lebih berhak dicela daripada dia.
Nah, bagaimana mungkin doamu diterima, padahal engkau telah menutup seluruh pintu dan jalan doa tersebut.
Bertakwalah kepada Allah, shalihkan amalmu, bersihkan batinmu, dan lakukan amar ma’ruf nahi mungkar. Nanti Allah akan mengijabah doamu,insya Allah.
           

0 comments:

Post a Comment

Assalamu'alaikum






Free Blog Content







ShoutMix chat widget